Kemacetan, Grogoti Kesehatan Fisik dan Mental

download (4).jpeg

Sudah sejak lama ibu kota Jakarta menyandang suatu predikat yang sama sekali tak mengenakan didengar dan tidak membanggakan. Ya apalagi jika bukan predikat sebagai salah kota paling macet sedunia. Penduduk Jakarta dan sekitarnya pun harus rela menghabiskan waktu berjam-jam untuk bisa sampai pada lokasi kerja di pagi hari dan di sore hari demi sampai ke rumah.

Sudah pemandangan umum di jam kerja, jalanan Jakarta dijejali beragam jenis kendaraan, mulai dari sepeda motor, mobil pribadi, mini bus, bus kota, sampai transjakarta yang digadang-gadang bisa menyelsaikan masalah kemacetan.

Lambat laun ternyata efek kemacetan ini tak bisa dianggap sebelah mata. Sejumlah penelitian membuktikan jika kemacetan tak sekedar mempengaruhi suasana hati melainkan juga pada kondisi fisik dan mental.

Khusus fisik, seperti dilansir dari laman Health. kemacetan telah dikaitkan dengan kehadiran sejumlah penyakit seperti tekanan darah, sakit kepala dan gejala seperti nyeri di beberapa anggota tubuh, mulai dari yang terbawah seperti kaki, lalu naik ke atas di punggung dan leher. Belum lagi soal stres, di mana ini berpengaruh pada risiko kemunculan jantung dan stroke.

Bagi pengendara mobil dan transjakarta, mereka mungkin sedikit lebih beruntung, pasalnya udara yang masuk ke dalam tubuhnya selama perjalan terbantu dengan kehadiran AC. Lain halnya dengan pengendara motor yang menghirup asap kendaraan yang kotor dan beracun yang keluar lebih banyak ketika macet. Paparan udara kotor ini bukan hanya membuat dada sesak melainkan berkontribusi juga pada hadirnya penyakit pernapasan seperti asma, kanker paru-paru dan lain-lain.

Soal kondisi mental rasanya semua sepakat jika kemacetan membuat kita merasa stres, cemas dan gelisah. Bayangkan masalah tersebut terjadi saban hari dan mengikis kesehatan fisik dan mental para warga ibu kota.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s