5 Jenis Pekerjaan yang Tidak Akan Libur di Tanggal Merah

wartawan
Ilustrasi Wartawan

 

Bagi sebagian besar karyawan jatah hari libur nasional seperti berkah yang bisa dinikmati dengan jalan-jalan bersama keluarga atau sekedar bersantai di rumah, mengistirahatkan tubuh yang lelah tanpa harus mengalami potongan gaji. Nikmat sekali ya? Apalagi di Indonesia sendiri ada banyak jatah libur nasional, di tahun 2018 saja ada 21 hari libur! Jumlah tersebut, konon membuat Indonesia jadi salah satu negara dengan jumlah libur terbanyak, bersama dengan Filipina, Sri Lanka, Tiongkok dan Turki.

Sayangnya, hal ini tidak bisa dinikmati oleh semua karyawan. Dalam beberapa jenis profesi kita bisa temukan yang justru harus masuk dan tetap bekerja. Nah profesi apa sajakah itu? Simak informasinya di bawah ini:

  1. Call Center

Profesi yang satu ini memang tidak pernah absen dalam melayani pelanggan. Di hari biasa pun, kebanyakan layanan Call Center tetap aktif hingga 24 jam dalam sehari. Begitu juga di tanggal merah, dering telefon yang berbunyi harus tetap diangkat.

  1. Petugas medis.

Katagori petugas medis cangkupannya luas. Bisa dokter, perawat, bidan, apoteker dan lain-lain. Memang beberapa klinik ada yang libur namun di rumah sakit pasti tetap buka, mengingat penyakit atau kecelakaan tentunya bisa datang tanpa mengenal waktu.

  1. Pegawai mall, restoran, toko atau minimarket.

Seperti yang kita tahu jika tempat-tempat seperti mall atau restoran, di hari liburlah mereka justru kedatangan banyak pengunjung. Akibatnya, para pegawai harus stand by agar para pengunjung yang datang bisa berbelanja.

  1. Polisi

Kejahatan dan kasus hukum bisa terjadi kapanpun. Inilah sebabnya, para petugas keamanan negara ini tetap masuk kerja. Terlebih jika di hari raya lebaran, di mana arus mudik meramaikan jalan raya sehingga Polantas pun bersiaga.

  1. Wartawan

Profesi yang satu ini memang berisi orang-orang yang tangguh. Di hari biasa pun, mereka bergantian memantau berita dari pagi, siang dan malam, entah kalender berwarna hitam atau merah. Mereka saling bergantian mengisi slot berita untuk sumber informasi bagi masyarakat.

Tentunya masih ada banyak profesi lainnya yang mendedikasikan waktunya demi profesinya. Sebut saja ada petugas SPBU, tentara atau pemadam kebakaran. Begitu besar perjuangan mereka melaksanakan profesinya, oleh sebab itu bekerja di hari libur biasanya terhitung sebagai lembur atau insentif.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s