Ini Lho Tugas Sosial Media Admin, Harus Disiplin!

Era digital telah banyak menghadirkan pekerjaan baru yang sebelumnya mungkin tidak pernah terbayangkan. Sebelum kedatangan Facebook, Twitter dan kawan-kawannya, tak banyak yang menyangka bahwa saat ini ada sebuah lowongan pekerjaan yang memiliki tugas untuk mengurus sosial media.

Pekerjaannya beragam, mulai dari menulis caption, memposting foto atau video dan menjawab komentar atau tanggapan dari netizen di sosial media. Iya betul, sekarang ini banyak perusahaan atau agensi iklan yang membutuhkan karyawan yang jago membuat caption!!

Nah inilah sekelumit bidang pekerjaan yang dilakoni oleh seorang sosial media admin. Pekerjaan seperti ini telah dilakukan setidaknya sejak 2 tahun oleh Peter. Bagi pria berusia 29 tahun ini pekerjaan sebagai sosial media admin sangat banyak, jari jemarinya harus rajin membalas semua komentar dan message atau DM dari para followers.

Untuk itu, informasi soal product knowledge harus dipahami dengan baik dan jangan pernah bosan menanggapi pertanyaan yang diajukan mengenai produk tersebut. Jika sedang ramai, laman komentar pada sosial medianya akan dipenuhi oleh ratusan komentar.

“Biasanya ini saat momen tertentu, seperti saat kuis, giveaway atau saat bagi-bagi hadiah. Kadang launching produk baru pun suka banyak yang nanya, jadi harus dijawab satu persatu. Mulai dari harganya, cara beli, lokasi toko dan sebagainya,” ujarnya.

Sebagian besar komentar terutama yang menanyakan tentang produk atau info kuis wajib dijawab. Karena ini merupakan peran dari sosial media admin yang bertugas untuk mendekatkan brand atau perusahaan kepada konsumen dan calon konsumennya.

“Iya dong, ngapain perusahaan bayar mahal agensi periklanan kalau ujung-ujungnya sosmednya diangggurin, ada komentar tapi gak dibalas, ada DM numpuk tapi gak dijawab-jawab. Nama brand kan ikutan jelek kalau pelayanannya di sosial media kurang memuaskan,” lanjutnya.

Bukan hanya itu, tugas lainnya yang cukup mengejutkannya saat pertama kali menjajal pekerjaan ini adalah soal kedisiplinannya dalam memposting konten. Pasalnya, pihak agensi dan brand sudah punya perjanjian tertentu, yang mengatur untuk jadwal tayang konten tersebut.

Nah, Peter sendiri harus siap untuk meluangkan waktunya di jam 9 pagi dan jam 5 sore untuk memposting konten tersebut setiap harinya. Entah saat itu dalam perjalanan, saat tidur atau apapun, diwajibkan untuk meluangkan waktu untuk membuka sosial media dan posting konten yang telah disiapkan.

“Jadi saya kebetulan masuk kerja jam 9 dan pulang di pukul 6 sore. Nah saat datang dan sebelum pulang itu, saya siap-siap untuk buka sosmed dan posting konten tersebut. Pernah sih waktu itu saat pulang kampung, pasang alarm di bus supaya bangun cuma buat posting,” jelasnya sambil tertawa.

Pekerjaan sosial media memang terbagi lagi ke dalam beberapa bagian. Ada yang disebut sosial media specialist yang tugasnya mengurus pemasangan iklan dengan tools FB, Twitter & Instagram advertising. Nah ada juga sosial media officer yang biasanya menyusun konten berupa caption dan materi gambar yang disiapkan untuk mingguan maupun bulanan. Ini biasanya disebut dengan editorial plan.

Peter sendiri sempat melakoni pekerjaan editorial plan, jadi membuat semacam menulis caption untuk 1 bulan ke depan. Hanya saja karena pekerjaan sosial media admin sudah cukup banyak, maka perusahannya pun menambah personil lagi untuk sosial media.

“Menyusun caption itu susah lho. Bahasa yang kita tulis itu harus sesuai dengan segmennya dan infonya tidak seperti di artikel yang panjang, untuk konten Instagram misalnya, sebaiknya dibuat ringkas dan gambar yang menarik. Bahasanya pun harus disesuaikan dengan audiens kita,” tambahnya.

Disamping itu, Peter juga harus menyusun laporan yang berkaitan dengan sosial media media milik kliennya. Misalnya dalam laporan tersebut berisi jumlah komentar, like dan share-nya, serta konten apa yang paling banyak diminati oleh followers. Sekaligus menyimpan semua data yang pernah diposting di sosial media.

Kini kita tahu bahwa banyak sosial media pun kini telah ikut membuka lapangan pekerjaan. Tentunya pekerjaan di atas membutuhkan kesabaran,ketelitian dan kedisiplinan yang tinggi. Tertarik untuk menjadi sosial media admin?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s