Begini Serunya Magang di NET TV!

Launching-NET-Good-People_3
broadcast magz

 

Saluran televisi apa sih yang sekarang ini banyak digemari oleh kaum millennial? Pasti jawabannya adalah NET TV. Maklum, tv besutan Wisnu Utama ini menyajikan banyak program yang menarik, modern dan fresh.

Tak ayal, banyak yang ingin merasakan bekerja di tv berlambang biru-capslock tersebut. Nah keinginan itu pun sudah terasa lho sejak masa kuliah, seperti yang dirasakan oleh Fandi. Mahasiswa Ilmu Komunikasi dari kampus di Jakarta ini kebetulan sedang mencari tempat magang untuk mengisi waktu luangnya sambil menunggu jadwal siding skripsinya datang.

“Waktu itu saya harus nunggu sekitar 3 bulan lagi untuk siding skripsi.Bingung kan mau ngapai selama 3 bulan itu, mau lamar kerja tapi belum punya ijazah, akhirnya magang lagi aja deh supaya nambah pengalaman,” ujar cowok yang gemar berogranisasi ini.

NET TV biasanya memposting kesempatan magang itu lewat sosial media dan websitenya. Fandi melamar posisi sebagai News Production Assistant Intern, dengan mengirimkan lamara+CV+surat tentang alasannya melamar pada posisi tersebut.

Tak lama berselang. Fandi mendapatkan balasan email dari TV baru tersebut. Nah, emailnya ini sendiri meminta Fandi untuk datang mengikuti seleksi mahasiswa magang. Berdasarkan penuturannya, dari tiga orang yang lolos seleksi administratif tersebut, dua diantaranya yang diterima.

Belakangan Fandi baru tahu jika ternyata satu orang yang gagal seleksi itu memberikan jawaban yang kurang memuaskan. Pasalnya, ketika ditanya alasannya untuk melamar ke NET, ia hanya bilang untuk memenuhi tugas kampusnya saja.

“Ya kita semua tahu ya tujuan utama magang agar laporan intern bisa terpenuhi. Tapi masa cuma itu?memang gak kepingin belajar di industrinya langsung? Atau gak mau punya semacam portofolio saat lulus kuliah nanti?” tanya Fandi.

Pertanyaan yang kadang terdengar sederhana namun bisa menjadi pengahalang untuk masuk ke tempat yang kita inginkan. Nah berlanjut lagi soal kegiatan Fandi, jadi setelah interview tersebut Fandi ditempatkandi program NET 10.

Yang mana ini adalah program berita yang tayang setiap jam 10 pagi. Nah apa saja tugasnya selama magang kerja dua bulan itu? Ada banyak pekerjaan yang dilakonya. Saat jam pertama atau di jam 6 pagi Fandi biasa bantu bolak-balik menyetorkan hasil VO ke semacam ruangan penyiaran.

Setelah itu mengurus soal konten sosial media, memposting pertanyaan yang akan diajukan kepada netizen atau followers dari akun resmi NET 10. Setelah itu membantu produser memilih komentar terbaik untuk ditayangkan nanti di televise.

Setelah usai, masuk ke dalam ruangan control siaran. Awalnya hanya mengamati pekerjaan di ruangan tersebut seperti mengatur dari satu frame ke frame yang lain, misalnya frame yang fokus pada News Anchor lalu pindah ke hasil liputan.

Lama-kelamaan, Fandi sesekali membantu untuk memindahkan frame tersebut. Nah usia kegiatan dalam ruangan siaran, selanjutnya adalah menjadi Notulen dari hasil rapat yang dibicarakan oleh para produser. Setelah siaran usai, merekaakan berkumpul bersama News Anchor membicarakan episode pada hari tersebut. Apa yang membuat program itu menarik dan apa yang perlu dievaluasi lagi.

Karena jam masuk dimulai pukul 06.00 WIB, biasanya di jam 13.00 WIB sudah bisa pulang. Tapi selain kegiatan di kantor, para mahasiswa magang juga bisa ikut liputan ke lapangan, ikut bersama dengan reporter dan cameramen.

Jadi, bisa belajar tentang bagian produksi di dalam studio dan juga belajar menjadi wartawan di lapangan. Selamadi studio sebenarnya bisa mencoba belajar cameramen atau latihan suara untuk jadi VO.

“Ada teman magang saya yang punya suara bagus, bulat gitu jadi sempat diminta bantuannya untuk menjadi VO,” ungkapnya.

Waktu dua bulan terasa cepat berlalu, Fandi pun sempat merasa rinduk dengan tempat magangnya tersebut. Bukan hanya pengalaman kerja, namun studio dan kantor yang artistik memang sulit dilupakan…

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s